Friday 23 March 2018

Tips Mudah Menulis Artikel Blog bagi Pemula


Kalau kita melihat dari pengertian yang dipaparkan dalam wikipedia bahasa indonesia, artikel diartikan sebagai suatu karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Dan kalau menurut saya artikel adalah suatu bentuk tulisan yang berisi pemikiran dan gagasan yang ingin kita sampaikan terhadap suatu hal tertentu. Karena artikel ini adalah untuk blog maka tidak ada aturan yang terlalu kaku bagi saya, yang penting pemikiran dan gagasan bisa tersampaikan.

Selanjutnya...

Artikel biasanya berkisar antara 300 sampai dengan 1000 kata. isi artikel bisa bermacam-macam, bisa sejarah, petualangan, argumentasi, hasil penelitian, atau bimbingan untuk melakukan/ mengajarkan suatu hal. tapi kalau bisa, saya sarankan untuk tidak menulis terlalu panjang, apalagi sampai harus mengulangi hal yang sama berkali-kali, anda bisa mengambil kisaran 300 samapai 700 kata, jika isinya memang murni gagasan atau penjelasan terhadap suatu ojek tertentu. Namun jika memang disertai contoh gambar tertentu, menurut saya bisa kurang, atau bila disertai sebuah contoh dalam bentuk teks, boleh lebih.

Karena pada dasarnya orang kebanyakan akan cepat bosan kalau membaca sesuatu yang terlalu panjang dan tidak langsung ke intinya, biasanya mereka akan merasa tertipu. Usahakan jangan membuat paragraf yang bertumpuk-tumpuk dan terlalu panjang. Orang akan bosa dan biasanya tidak menyelesaikan membaca paragraf tersebut.

Gunakanlah bahasa yang mudah difahami, karena orang membaca artikel kita biasanya untuk menemukan jawaban atas sesuatu, atau atas judul yang kita buat, maka wajib dipertanggung jawabkan oleh isinya. Tulislah artikel dengan bahasa pendekatan kepada pembaca, bisa menuangkan sisi humor, atau bahasa yang natural dan alami.

Tetaplah pada topik, jangan sampai ngelantur kemana-mana. Boleh saja menyinggung sesuatu yang memang ada kaitannya dengan topik artikel tapi jangan menyinggung terlalu dalam, karena yang akan merasa kesal bukan yang disinggung, melainkan pembaca artikel kita yang akan kesal karena diombang-ambing ke mana-mana.

Baik, Selanjutnya

Satu hal penting yang perlu kita perhtikan dalam menulis artikel, yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah jenis artikel seperti apa yang akan kita tulis. karena jika sudah mengetahui jenis artikel seperti apa yang akan ditulis, maka nantinya akan lebih medah dalam membuat format penulisannya, jika tidak, tentu kita akan kesulitan nantinya. jadi silahkan tentukan jenis artikel seperti apa yang akan ditulis!!

Ada beberapa jenis artikel, diantaranya adalah artikel deskripsi, artikel narasi, artikel, eksposisi, artikel argumentasi, artikel persuasi.

 
Jika masih bingung bagaimana saya harus menulis artikel, apa yang saya perlukan untuk menulis artikel (tentunya anda perlu niat terlebih dahulu), bagaimana saya harus memulai menulis artikel?.


Baiklah, pertama-tama tarik nafas dalam-dalam dan tenanglah, langkah paling utama dalam menulis artikel sama dengan kebanyakan karya tuliss lainnya.

berikut akan diuraikan bagaimana langkah dalam menulis artikel pada umumnya.

1.      Pertama tentukanlah tema artikel yang akan ditulis , semakin spesifik tema sebuah artikel maka     akan semakin menarik untuk dibaca

2.  Tetapkan tujuan dalam menulis artikel, misalkan menulis tentang cara membuat dafatar pustaka atau membuat footnote, maka tujuan yang telah ditetapkan adalah agar pembaca dapat memahami cara membuat daftar pustaka atau footnote. kebanayakan artikel apalagi jenis artikel deskripsi dan narasi tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat

3.      Kembangan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel

4.   Buatlah kesimpulan, jika logika dan alur dari artikel anda disusun dengan benar maka akan sangat mudah dalam membuat kesimpulan.

Nah, jika semua yang telah dipaparkan diatas anda fahami dan mengerti, maka mulailah menulis. Jangan hanya membaca langkah-langkah, membaca tips-tip, membaca aturan-aturan penulisan. Jika demikian anda hanya akan berakhir menjadi pembaca saja bukannya penulis.

Mulailah menulis apa yang menjadi gagasan anda terhadap topik yang telah dipilih. Bungkus segala kekhawatiran dalam diri yang membuat anda enggan memulai, teruslah menulis mengikuti aliran pemikiran anda.

Setelah selesai menulis anda boleh membuka bungkusan yang berisi kekhawatiran anda tadi. Dan bacalah ulang artikel yang ditulis, perhatikan apakah kekhawatiran anda selama ini ada dalam tulisan itu, jika ada maka mulailah proses editing, misalakan ada salah ketik, atau ada bahasa yang rancu, atau urutan yang tidak seharusnya, maka anda bisa memperbaikinya.

Begitulah bagaimana kekhawatiran anda tidak menjadi kesia-siaan belaka, karena pada akhirnya bisa membantu proses editing. Jika anda tidak mulai menulis, maka kekhawatiran itu akan menjadi sia-sia karena tidak menghasilkan apa-apa.

Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat dan tetap semangat.....!!



Load disqus comments

0 comments