Sunday 11 March 2018

Kerangka Menulis Karya Ilmiah (Susunan yang Sesuai dalam Menulis Karya Ilmiah)


Karya Tulia Ilmiah merupakan tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian suatu masalah oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Jenis- jenis karya ilmiah seperti makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, dan lainnya. Karya tulis ilmiah jelas berbeda dengan jenis-jenia karya tulis lainnya yg bersifat non ilmiah seperti novel, cerpen dan sebagainya.
Karya ilmiah menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar, sedangkan karya tulis non ilmiah biasanya menggunakan gaya bahasa yang gaul terkadang alay kalau kata anak jaman now (tapi tidak semua).

Karya tulis ilmiah harus memuat pembahasan yang faktual objektif, maksudnya adalah harus ada kesesuaian antara fakta yang ada dengan objek yang diteliti, jelasnya.... apa yang ditulis dalam karya ilmiah haruslah sebuah fakta dan dapat dibuktikan dari hasil penelitiannya kemudian karya tulis Ilmiah harus menggunakan metode penulisan dan harus sitematis , maksudnya adalah tulisan kita harus menggunakan metode tertentu dan teratur serta terkontrol, sehingga nantinya pembahasannya tidak akan meluber ke sana-kemari. Karena berbeda dengan karya tulsi non ilmiah yang lebih bersifat bebas, karya tulis yang bersifat ilmiah memiliki karangka penulisan dan aturan penulisannya tersendiri.

berikut akan dipaparkan tentang kerangka karya tulis ilmiah:
kerangka penulisan karya tulis ilmiah pada umumnya berisi Bagian pendahuluan, pembahasan, dan penutup.

I.      PENDAHULUAN, berisi:
A.   Latar Belakang
Latar belakang menjelaskan alasan mengapa masalah dalam suatu rencana penelitian harus diteliti, pentingnya permasalahan tersebut , serta membahas pendekatan yang akan digunakan dalam penyelesaian masalah.
pelajari menulis latar belakang ⇩⇩⇩⇩⇩⇩⇩⇩⇩
https://mymayawesome.blogspot.co.id/2018/03/cara-menulis-latar-belakang-masalah.html 
B.    Perumusan Masalah
Biasanya bentunya ada beberapa pertanyaan, letaknya di awal karya tulis ilmiah tepat setelah penjelasan latar belakan dalam karya tulis. Pertanyaan tersebut adalah permasalahan yang akan di bahas nantinya dalam karya ilmiah.
C.    Tujuan dan Manfaat
Tujuan penelitian itu merupakan rumusan kalimat yang berisi keinginan penulis untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan. Misalnya tujuan penelitian adalah agar pembaca dapat mengerti dan memahami cara memilih calon presiden dan wakil presiden dengan benar saat pemilu.
Sedangkan Manfaat penelitian adalah dampak dari pencapainnya tujuan. Contohnya, anggap saja judul penelitiannya adalah Pengkajian Terhadap Kesalahan Dalam Proses Memilih dan Adanya Golput Dalam Pemilu. Dengan dicapainya tujuan penelitian seperti disebut diatas maka manfaatnya adalah, masyarakat dapat memilih dengan cara yang benar dalam pemilu dan mengurangi jumlah golput dalam pemilu. Contoh sederhanya seperti itu.
D.   Metode Penelitian
Metode penelitian merupakan tata cara yang dilakukan dalam rangka untuk mengumpulkan informasi atau data, serta melakukan pengkajian terhadap data yang telah dikumpullkan tersebut. metode penelitian yang dapat digunakan seeperti metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif, tergantung bidang apa yang di tulis seperti penelitian hukum, maka digunakan penelitian normatif dan penelitian empiris.

II.    TINJAUAN PUSTAKA
Memberi gambaran tentang metode dan teknik yang dipakai dalam penelitian yang mempunyai permasalahan serupa atau mirip dengan penelitian yang akan dilakukan. Menungkapkan hasil dan metode penelitian dari pustaka lain yang mungkin belum diketahui yang meneliti hal serupa. Intinya disini berisikan fakta-fakta yang ada dalam berbagai referensi atau pustaka yang berkaitan dengan judul penelitian.

III.  HASIL dan PEMBAHASAN
Berisi penjelasan atau uraian tentang hasil penelitian yang mencakup segala aspek terkait dengan penelitian dan pembahasan membahas keterkaitan faktor2 dari data yang diperoleh, kemudian menyelesaikan masalah tersebut dengan metode yang diajukan dan menganalisa proses dan hasil penyelesaian masalah.

IV. PENUTUP
A.      Simpulan
Biasanya berisi jawaban dari rumusan masalah yaitu hasil penelitian yang diuraikan dalam pembahasan yang diambil intisarinya sebgai sebuah kesimpulan.
B.      Saran
Dikemukakan dengan mengaitkan temuan dalam simpulan dan usahakan menyertakan jalan keluarnya.

Bagian-bagian yang disebutkan di atas merupakan bagian-bagian inti saja dari kerangka karya ilmiah (biasanya dalam bentuk BAB) , untuk lebih lengkapnya, kerangka karya ilmiah terdiri dari:

1.    Judul
2.    Kata pengantar
3.    Abstrak
4.    Daftar Isi
5.    Pendahuluan
a.    Latar belakang masalah
b.    Perumusan masalah
c.     Tujuan dan Manfaat
d.    Metode penelitian
6.    Tinjauan pustaka
7.    Hasil dan pembahasan
8.    Penutup
a.    Simpulan
b.    Saran
9.    Daftar pustaka
Dan.. selesai..........., semoga bermanfaat!!

Load disqus comments

0 comments