Wednesday 4 April 2018

Tak Sengaja Telan Ulat Buah dan Binatang Kecil Lainnya | Apakah Berbahaya?


Pernah tidak, tanpa sengaja anda menelan ulat buah?, anda baru sadar pada gigitan ke dua atau ketiga kalau ternyata buah yang anda makan ada ulat kecil didalamnya.

Suatu hari saya pernah memakan buah jambu biji, jambu biji itu saya dapat dari pohon jambu di halaman depan rumah saya, dan saya petik sendiri, keadaan jambu itu masih segar dan mulus tanpa cacat sedikitpun, dan saat saya makan juga rasanya manis, karena matang dari pohonnya.

Setelah beberapa gigitan barulah saya memeperhatikan buah jambu yang saya makan tersebut, di dalamnya saya melihat benda kecil putih bergerak-gerak, kemudian setelah saya perhatikan lebih dekat lagi ternyata itu adalah ulat buah kecil. awalnya saya sedikit khawatir, apakah ulat buah itu termakan atau tidak pada gigitan-gigitan sebelumnya, tapi saya pikir karena buah itu masih segar dan langsung dari pohonnya yang dijamin tumbuh secara alami, jadi saya membuang kekhawatiran itu, dan melanjutkan makan jambunya, tentu saja saya buang dulu bagian ulatnya dan setiap gigitan setelah itu saya periksa ada ulatnya atau tidak. dan sejauh ini saya juga tidak mengalami gangguan pencernaan atau penyakit lain yang disebabkannya.

Karena penasaran saya mencaritau tentang memakan ulat buah, dan ternyata tidak apa-apa kalau tidak sengaja memakan ulat buah, apalagi dalam jumlah yang sedikit. menurut Food and Drug Administration (FDA), ulat buah aman bila dikonsumsi dan tidak hanya itu FDA juga mengungkap beberapa hewan kecil lain yang aman bila tidak sengaja dikonsumsi dalam jumlah sedikit, diantaranya lalat buah, tungau, kumbang kacang, kutu daun, dan bahkan belatung.


Selain itu sistem pencernaan manusia juga memiliki pertahanan yang sangat baik, salah satunya adalah asam lambung, asa lambung akan membunuh bibit penyakit dan menghancurkannya bersama makanan yang masuk, selain itu keasaman lambung yang tinggi juga mampu membunuh hewan kecil yang tidak sengaja termakan, sehingga biasanya masuk ke lambung dalam keadaan sudah mati. jadi kalau ada yang bertanya apakan hewan kecil yang tidak sengaja termakan akan berkembang biak dalam tubuh, tentusaja jawabannya tidak. jadi anda tidak perlu khawatir dan cemas berlebihan jika mengalami kasus serupa.

meski begitu, anda juga tetap perlu berhati-hati, karena terkadang pada sebagian orang yang mengalami tidak sengaja menelan binatang kecil, kerap kali ditemui alergi seperti merasa pusing, gatal-gatal, dan mual. jika mengalami hal demikian alangkah baiknya jika anda segera minum obat anti alergi seperti antihistamin untuk meredakan gejalanya.

sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat and tetap sehat......!




Load disqus comments

0 comments