Saturday 22 September 2018

8 Tips Jitu Mempelajari Berbagai Bahasa Asing dengan Mudah


Halo semua,
Apakah anda mempunyai ketertarikan akan suatu hal, dari sekian banyak hal menarik yang ada, kira-kira hal apa yang sangat anda taruh perhatian padanya, mungkin diantara anda ada yang sangat senang dengan olahraga, atau sangat senang dengan dunia vlog, melukis, bernyanyi, dan memiliki kesungguhan ingin belajar dan menguasainya. yap.. tidaklah mustahil bagi kita menguasai sesuatu hal yang kita sukai asal ada niat dan ketekunan dalam mempelajarinya.
apakah diantara anda ada yang sangat menyukai bahasa asing, setiap mendengarkan bahasa baru pasti akan merasa tergelitik ingin mengetahui lebih dalam dan ingin mengusainya. tenang saja, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa itu tidaklah mustahil.
Menariknya, ketika kita dapat menguasai banyak bahasa membuka peluang kita untuk mendapat teman baru, kesempatan baru, dan memperluas dunia kita.
ada banyak cara/metode dalam mempelajari suatu bahasa, mulai dari buku, film yang menggunakan bahasa asing yang dipelajari, mendengarkan musik bahasa asing, game, dan lain sebagainya. maka untuk membantu anda dalam belajar bahasa asing, berikut 8 tips jitu mempelajari berbagai bahasa asing dengan mudah:

1. Niat
Hal pertama yang sangat penting tentu saja adalah niat, karena setiap pekerjaan/kegiatan haruslah dilakukan dengan sebuah niat yang kuat. dengan niat yang kuat untuk mempelajari bahasa asing maka akan terbentuk sebuah komitmen dan konsistensi, sehingga nantinya tidak akan membuat kita mandek dan akhirnya menyerah untuk belajar. karena bukan tidak mungkin kita akan khilangan motivasi di tengah jalan, maka kuatkanlah niat dari awal, pastikan untuk merangkai alasan yang kuat mengapa anda belajar bahasa asing, sehingga alasan itu bisa menarik anda untuk menjauhi kata menyerah.

2. Pelajari kosa kata dan kalimat yang paling sering digunakan sehari-hari 
Sebenarnya apa sih bahasa itu?, bahasa tidak lain adalah kemampuan berkomunikasi. sebelum kita bisa berbahasa indonesia kita sudah pernah menggunakan bahasa isarat sewaktu bayi (tapi bahasa isarat versi bayi ya). kemudian ketika kita mulai mengenal bahasa, yang kita ucapkan pertama pasti sebuah kata, bukan huruf apalagi kalimat. karena kosa kata adalah hal pertama yang kita tangkap dalam mempelajari bahasa. Nah begitu pula sekarang, jika kita ingin mulai belajar suatu bahasa asing maka kita perlu mempelajari kosa katanya dulu, mulailah dari kosa kata yang wajib disebut dalam kehidupan sehari-hari. kemudian barulah berlanjut ke kalimat sehari-hari.

3. Gunakan metode yang bervariasi
Jenuh/kehilangan motivasi, sudah pasti akan kita temui di tengah perjalan. Maka untuk meminimalisir kejenuhan dam kehilangan motivasi belajar perlu digunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Jika biasanya anda hanya belajar melalui buku, buang jauh-jauh cara belajar yang monoton tersebut. karena itu hanya akan mendatangkan kejenuhan, bukan berarti bahwa belajar dengan buku tidak efektif, namun ada kalanya itu membosankan, maka carilah metode lain seperti mendengarkan musik, menonton film, bermain game, praktek langsung bersama kawan anda. lakukan semua hal itu secara bergantian, dan jangan pernah terpaku pada satu metode. Jangan hanya mendengrakan musik, itu hanya akn membuat anda familiar dengan bahasa tersebut namun tidak benar-benar bisa menguasainya dalam sebuah percakapan. Setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan, maka jika digabungkan akan menjadi metode yang sempurna.

4. Pelajari dua atau lebih bahasa yang memiliki kemiripan pola atau mungkin banyak memiliki kosa kata yang mirip bahkan sama
Lihatlah kemiripan dari bahasa-bahasa yang anda hendak pelajari, misalnya anda hendak belajar bahasa korea dan bahasa korea memiliki kemiripan dalam beberapa kata dan pola kalimat dengan bahasa jepang, maka pelajarilah keduanya bersamaan, atau bahasa jerman dengan bahasa belanda yang sama-sama membedakan kata berdasarkan genus feminim dan maskulin. dengan begitu anda dapat mempelajari dua atau lebih bahasa sekaligus tanpa harus menghadapi kesuliatan yang terlalu berat dikarenakan perbedaan pola bahasa-bahasa asing yang dipelajari.

5. Perluas daftar kosakata dengan mnemonik
Anda bisa menggunakan metode mnemonik untuk sejumlah kata-kata penting. Mnemonik dapat membantu merekatkan kata-kata tersebut dalam benak Anda dengan lebih efektif. Pada dasarnya, mnemonik adalah metode penggambaran narasi visual unik yang bisa Anda kaitkan dengan kata yang ingin Anda ingat. Misalnya, Anda sedang belajar bahasa Spanyol dan kesulitan untuk mengingat kata kerja “caber” berarti “untuk memuat sesuatu (to fit)”. Anda bisa mengarang satu narasi visual dalam otak Anda seekor beruang besar (bear) terhimpit di jendela taksi (cab) yang melesat di jalanan.

6. pertahankan kualitas belajar
Tetaplah belajar dengan rutin setiap harinya, jangan lewatkan satu haripun tanpa mempelajari bahasa yang sedang anda sasar, karena bahasa itu tidak lepas dari keseharian, dan mustahil untuk tidak berkomunikasi dalam sehari (kecuali anda mungkin disekap di gudang bawah tanah tanpa makan, minum, dan teman :"")). jika perlu jadwalkan waktu belajar anda, dan apabila terlewat maka ganti dengan waktu lain di hari yang sama. ingat, jika hari ini anda belajar 3 jam maka besok juga harus 3 jam atau lebih, jangan kurangi.

7. Masuklah ke dalam forum belajar bahasa asing (aplikasinya sekarang banyak tersedia di playstore atau aapstore semisal HI NATiVE)
Banyak orang yang mengatakan bahwa ia belajar otodidak alias belajar sendiri. Tapi menurut anda apakah itu realisti (hehehe), walaupun belajar sendiri, pasti juga tidak terlepas dari bantuan orang lain, katakan saja kita belajar dari music, atau film, atau video youtube. see... semua itu siapa yang hasilkan, tentu saja manusia lainya bukan. sejatinya kita perlu referensi dalam belajar, bukan hanya sekedar buku, karena kita juga harus tau cara menggunakannya. maka carilah forum yang dapat membantu anda dalam belajar, jika bukan forum langsung anda bisa mengikuti forum online atau melalui aplikasi.

8. Praktekkan
Terakhir, pastikan bahwa anda mempraktekkan apa yang anda pelajari, sehingga anda bukan hanya sekedar mengerti tetapi juga mampu berbicara dalam bahasa asing. praktekkan dengan orang yang memang bahasa aslinya adalah bahasa yang sedang anda pelajari, jika tidak ada manfaatkan teman anda (setidaknya anda punya teman kan, walau nggk banyak), tapi jika tidak ada yang bisa diajak bicara praktekkan sendiri di cermin atau bergumam sendiri. intinya pastikan untuk mempraktekkan, karena dengan praktek anda akan terbisa dan menjadi lancar.
Itu dia tips yang dapat anda terapkan dalam belajar bahsa asing, semoga bermanfaat dan meningkatkan semangat anda untuk bisa. selamat belajar!!!☺☺☺☺
Load disqus comments

0 comments