Wednesday 14 March 2018

Bagaimana Menulis Esai yang Menarik (Teknik jitu menarik pembaca)

learn how to write essay

Esai merupakan tulisan yang menggambarkan opini  penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya. Ada 6 ciri-ciri esai yang perlu diperhatikan yaitu, pertama, berbentuk prosa berbentuk komunikasi biasa dan tidak menggunakan bahasa atau ungkapan figuratif atau majas. Kedua, memiliki gaya pembeda  dengan ciri dan gaya khas tersendiri yang membedakan dengan gaya penulis lainnya. Ketiga, singkat dan dapat diselesaikan sekali baca dalam waktu dua jam. Keempat, selalu tidak utuh, maksudnya penulis memilih segi-segi yang penting dan menarik dari objek dan subjek yang hendak ditulis. Kelima, memenuhi keutuhan penulis, walaupun tidak utuh esai harus memiliki kesatuan, dan memenuhi syarat-syarat penulisan mulai dari pendahuluan, pengembangan, sampai pengakhiran. Keenam, memiliki nada pribadi, ciri personal dalam penulisan esai adalah pengungkapan penulis sendiri tentang pandangan, sikap, dan pikirannya kepada pembaca.
Ada banyak jenis esai, diataranya jenis esai deskriptif, esai argumentatif, tajuk, esai cerita, dan lain-lain.

Esai terdiri dari tiga bagian yaitu:
·  Bagian pertama, pendahuluan yang berisikan latar belakang informasi yang mengidentifikasi bahasan dan pengantar tentang yang akan dinilai oleh penulis.

·     Bagian kedua, tubuh esai yang menyampaikan seluruh informasi tentang subyek

·    Bagian ketiga, bagian akhir yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dari tubuh esai, atau menambahkan beberapa observasi tentang subyek yang dinilai oleh penulis.

Kemudian berikut adalah langkah-langkah dalam menulis sebuah esai yang baik dan benar:
1.   Menentukan tema atau topik esai
Menentukan tema atau topik apa yang harus ditulis adalah hal yang paling pertama dan terpenting. Jika tidak ada tema maka tidak jelas apa yang akan ditulis, menentukan tema juga dapat mencegah ketidak selarasan antara pembahasan awal dan pembahasan setelahnya. Silahkan cari tema yang menarik yang sedang banyak diperbincangkan atau banyak disukai oleh orang.

2.   Lakukan penelitian terhadap tema esai
Walaupun sebagian besar adalh pendapat penulis, namun sangat penting untuk tau dan memahami tentang tema yang akan ditulis. Karena esai juga harus mengandung isi yang benar bukan asal-asalan berpendapat tanpa dasar.

3.   Membuat outline dari ide-ide yang akan dibahas
Dengan membuat kerangka esai maka penulisannya akan lebih dipermudah. Karena ide-ide yang akan dituangkan sudah disusun kerangka garis besarnya, maka tinggal memasukkan pembahasannya saja dan penulisannya akan lebih tertata dengan rapi. Dengan adanya outline penulisan, maka akan menghasilkan tulisan yang logis dan koheren.

4.    Menuliskan pendapat dengan kalimat yang singkat dan jelas

5. Menulis tubuh esai, mulailah memilih poit-pint penting yang akan dibahas kemudian buatlah subtema pembahasan agar mempermudah pembaca untuk memahami maksud dari gagasan penulis, kemudian hubungkan subtema-subtema tersebut.

6. Membuat paragraf pertama yang bersifat pendahuluan yang berisikan latar belakang dalam menulis esai

7.   Menyimpulkan inti dari gagasan yang telah dibuat atau disampaikan dalam tubuh esai

8.   Berikan sentuhan akhir pada esai,
Lakukan proses editing, kita bisa memperbaiki pemilihan kata yang mana sangat berpengaruh terhadap kualitas esai, sesuaikan pemilihan kata dengan jenis esai yang ditulis. Misalkan menulis esai yang bersifat pendidikan dan formal maka gunakan bahasa formal yang baik dan benar. Jika esai yang ditulis tidak membahas hal formal maka bisa menggunakan bahasa yang sedikit santai tetapi masih sopan. perhatikan keselarasan antara paragraf yang satu dengan lainnya

9.   Buatlah judul yang dapat menarik minat pembaca,
Percuma saja jika isinya sudah luar biasa tapi judulnya tidak dapar menarik minat pembaca.

Demikian langkah-langkah menulis esai yang dapt saya berikan, semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian yang sedang merencanakan menulis suatu esai atau sedang dibebani tugas sekolah menulis esai.
Selamat menulis.......!!





Load disqus comments

0 comments